Kamis, 05 April 2012

Lebih Setengah Juta Mac Terserang Malware

Malware yang menyerang ialah Flashback Trojan, yang mencuri informasi pribadi penggunanya.

 Perusahaan antivirus Rusia melaporkan bahwa lebih dari setengah dari komputer Mac telah terinfeksi malware, Flashback Trojan. Virus tersebut didesain untuk mencuri informasi pribadi para penggunanya.

Perusahan Rusia tersebut, Dr Web, mengatakan bahwa 550 ribu komputer Macintosh terinfeksi oleh pertumbuhan botnet Mac. Namun, perkembangan terakhir, analis malware Dr Web, Sorokin Ivan, mengumumkan bahwa jumlah komputer yang terinfeksi meningkat hingga 600 ribu. Adapun 274 bot diketahui berasal dari Cupertino, California.

Ia menambahkan bahwa lebih dari setengah komputer Mac yang terinfeksi terjadi di Amerika Serikat yakni 57 persen dengan 303.449 unit. Diikuti Kanada dengan 20 persen sebanyak 106.379 unit, dan Inggris Raya dengan 12 persen botnet. Sementara itu, Australia menempati urutan keempat dengan 32.572 host yang terinfeksi. 

Malware tersebut pada awalnya ditemukan pada September 2011 dengan menyamar sebagai penginstal Adobe Flash Player palsu. Tapi, dalam beberapa bulan lalu, malware ini telah mengeksploitasi kerentanan Java untuk menyerang target sistem Mac.

Sebuah varian baru yang muncul akhir pekan lalu tampaknya akan mengambil keuntungan dari kerentanan Java dari yang dirilis Apple kemarin.

Blogger CNet, Topher Kessler menjelaskan bahwa malware ini hanya mengunjungi sebuah situs Web berbahaya yang mengandung Flashback pada sistem OS X dengan Java yang terinstal akan menghasilkan satu dari dua rute instalasi. Malware akan meminta kata sandi administrator, dan jika seseorang diberikan, malware akan menginstal paket tersebut dari kode ke folder Applications.

Jika password tidak ditawarkan, malware akan menginstal ke akun pengguna di tempat yang mana malware dapat berjalan secara lebih global.

Sekali diinstal, Flashback akan menyuntik kode ke dalam browser situs dan aplikasi lain, seperti Skype untuk memungut password dan informasi lain dari program pengguna.

Perusahaan keamanan, F-Secure telah mempublikasikan instruksi bagaimana untuk menentukan apakah sebuah komputer Mac terinfeksi atau tidak dengan malware Flashback. (art)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar